Pengertian Modem

Pengertian Modem Terbaik

Pengertian modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulator. Pengertian modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.

Pengertian Modem Eksternal
Pengertian demodulator kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima.

Dan pengertian modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah. Berdasarkan pengertian modulator dan pengertian demodulator, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum, Pengertian Modem adalah peralatan yang dapat mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya. Dari pengertian modem ini, dapat juga kita ketahui fungsi modem yaitu berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Untuk memahami lebih banyak tentang pengertian modem di atas, kami juga akan menjelaskan secara singkat tentang jenis-jenis dari modem dan keuntungan dari masing-masing jenis-jenis modem didalam pemakaiannya. Berdasarkan tempat pemasangannya, modem dibedakan menjadi dua, yaitu modem internal dan modem eksternal.

Pengertian Modem internal adalah modem yang dipasangkan pada bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya), Sedangkan pengertian modem external adalah modem yang dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU.

Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah. Sedangkan kelemahannya adalah pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer yang lain. Sedangkan, keuntungan penggunaan pengertian modem eksternal adalah dari satu komputer ke komputer lain dengan cara yang mudah. Kelemahannya modem eksternal adalah harganya yang relatif lebih mahal.

Dari pengertian modem, modem dapat bekerja dengan baik apabila komputer dapat mengenali perangkat yang dipasang tersebut. Agar dapat dikenali, sebuah modem harus diinstal terlebih dahulu. Proses penginstalan dilakukan dengan menggunakan driver. Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi komputer dapat memberikan pengertian modem di dalam computer atau laptop. Biasanya driver tersebut disertakan dalam sebuah disket atau CD yang akan diberikan pada saat membeli modem.

Berdasarkan Pengertian Modem yang telah dijelaskan, sebuah jenis modem juga menentukan kualitas koneksi yang dipakai untuk terhubung ke internet. Jika Anda ingin terhubung ke internet menggunakan koneksi broadband, maka anda perlu menggunakan modem dengan jenis koneksi broadband, seperti ADSL atau modem 3 G/HSDPA. Teknologi modem broadband saat ini lebih berkembang sehingga mampu mentransfer data dengan kecepatan lebih tinggi.

Umumnya saat ini modem dengan teknologi ADSL memiliki bentuk modem eksternal yang biasanya dihubungkan ke slot RJ-45 di Ethernet card pada sebuah komputer atau laptop. Untuk menghubungkan ke slot RJ-45 ini biasanya digunakan kabel UTP. Pengertian modem ADSL juga memungkinkan kita untuk menghubungkannya dengan komputer lewat slot USB. Bahkan, kita mungkin juga bisa menjumpai pengertian modem ADSLyang langsung ditancapkan ke slot ekspansi PCI.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Modem, semoga bermanfat. Baca juga informasi terbaru tentang Harga Advan dan Tema Laptop.

0 komentar:

Posting Komentar