Lcd Laptop

Lcd Laptop

Lcd laptop mrupakan perangkat keras dari sebuah laptop. Liquid Crystal Display (LCD) merupakan Sebuah teknologi layar digital yang menghasilkan citra pada sebuah permukaan yang rata (flat) dengan memberi sinar pada kristal cair dan filter berwarna, yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya. Bila diatur dengan benar, sinar dapat melewati kristal cair tersebut.

Lcd Laptop Bergaris
Banyak sekali kegunaan lcd dalam perancangan suatu system yang menggunakan mikrokontroler. lcd laptop yang digunakan adalah jenis lcd M1632. lcd M1632 merupakan modul lcd dengan tampilan 16 x 2 baris dengan konsumsi daya rendah. Modul tersebut dilengkapi dengan mikrokontroler yang didesain khusus untuk mengendalikan lcd laptop.

Telah lama dipakai sebagai layar untuk laptop, komputer desktop juga telah mulai menggunakan monitor yang memakai teknologi lcd ini. lcd laptop memiliki banyak kelebihan dibanding monitor CRT. Mereka mampu menampilkan teks yang jernih dan tidak ada flicker, yang berarti mengurangi kelelahan mata. Karena tebalnya kurang dari 10 inci (± 25 cm), monitor lcd untuk desktop mengambil ruang yang lebih kecil dibanding monitor CRT.

Kekurangannya: kualitas warna layar lcd laptop tidak dapat dibandingkan dengan monitor CRT, dan harganya yang mahal membuatnya tak terjangkau bagi kebanyakan orang. Sinar yang telah terpolarisasi kemudian melewati sebuah lapisan yang berisi ribuan bintik kristal cair yang dijajarkan pada sebuah kontainer kecil yang dinamakan cell. Sumber elektrik di sekeliling lcd laptop membentuk sebuah medan elektrik yang akan menggetarkan molekul kristal, yang akan mengatur sinar yang akan lewat pada lapisan kedua berupa filter yang terpolarisasi dan melewatinya.

Pada sebuah layar lcd laptop monokrom, seperti pada sebuah PalmPilot atau jam tangan digital, demikianlah cara kerjanya: Penutup membuka, dan pekerjaan selesai. Tetapi pada lcd berwarna, seperti pada PC laptop, cara kerjanya lebih kompleks.

Pada sebuah panel lcd berwarna, setiap pixel terdiri atas tiga buah cell kristal cair. Sinar yang melewati cell yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang anda lihat pada lcd laptop. Kadang-kadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu cell atau lebih tidak berjalan dengan baik; kejadian tersebut menimbulkan adanya pixel yang gelap dan "rusak".

lcd TFT menciptakan citra yang lebih jelas, jernih dan terang. Karena lcd mengatur setiap pixel secara terpisah, mereka mampu menampilkan teks yang lebih jelas dibanding CRT, yang, saat dipusatkan dengan tidak benar, akan mengaburkan pixel yang dituju (yang menggambarkan citra di layar). Tetapi kontras lcd laptop yang tinggi dapat menyebabkan masalah terutama jika Anda hendak menampilkan citra grafis. Dan juga lcd laptop hanya memiliki satu resolusi "natural", yaitu terbatas pada jumlah pixel yang dipasang pada layar. Seperti CRT, lcd untuk desktop juga dibuat untuk menerima sinyal analog yang berbentuk gelombang , berlainan dengan bentuk pulsa biner pada sinyal digital--dari PC Anda.

Tetapi lcd laptop memproses informasi tersebut secara digital, sehingga bila data analog dari kartu grafis standar mencapai monitor lcd, monitor tersebut perlu untuk mengkonversi kembali menjadi sebuah bentuk digital. Semuanya itu dapat menyebabkan goyangan atau bayangan pada layar. lcd laptop digital terbaru menggunakan kartu grafis khusus yang dilengkapi konektor digital utnuk menjaga kejernihan tampilannya.

Saat ini kebanyakan lcd laptop menggunakan panel berbasis TFT, yang mampu memberikan tampilan yang cerah, dan jernih dalam ukuran layar yang besar. Anda pasti tidak akan menemukan laptop dengan ukuran layar lcd-nya lebih besar dari 15,1-inci. Layar yang lebih besar dari itu biasanya digunakan pada lcd desktop.

Banyak vendor PC utama yang mulai menawarkan lcd laptop sebagai pilihan pada jajaran PC desktop barunya. ViewSonic, NEC, dan vendor monitor lainnya menawarkan lcd desktop dengan ukuran dari 14 inci (harganya sekitar US$600) hingga 18 inci (biasanya dengan label harga lebih dari US$3500 ).

Sebagai catatan, vendor menentukan ukuran layar lcd laptop dari luas layar yang terlihat dan bukan dari ukuran tabungnya, seperti pada monitor CRT, jadi area yang terlihat pada layar lcd 15 sama dengan pada layar monitor CRT 17 inci. lcd 15 inci, dengan rentang harga US$800 hingga US$1200, merupakan tipe yang paling laris dengan pangsa 75 persen pada pasar lcd. lcd laptop digital mampu mengerjakan tugasnya lebih baik tetapi memerlukan adapter grafis khusus dengan sebuah interface digital.

Demikian penjelasan tentang Lcd Laptop, semoga bermanfaat. Baca juga penjelasan tentang Pengertian Laptop.

0 komentar:

Posting Komentar