Fungsi Printer

Fungsi Printer pada Komputer

Fungsi dari Printer
Fungsi printer sebagai salah satu perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Fungsi Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kehadiran fungsi printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting. Berikut beberapa fungsi printer dari masing-masing komponen yang terdapat pada printer:
  1. Fungsi printer pada komponen printhead atau kepala cetak sebagai komponen  paling utama yang bertugas untuk menyemprotkan tinta ke media cetak. Mesin-mesin china yang beredar di Indonesia kebanyakan memakai printhead Xaar walau akhir-akhir ini sudah banyak yang memakai seiko (Seiko lebih bagus dibandingkan Xaar). Apabila hasil dari cetak blok 4 warna tersebut bagus (beri perhatian khusus pada warna yellow dan magenta) dalam artian yellow benar yellow (tidak ada bintik-bintik hitam) maka printhead tersebut memiliki kualitas yang bagus. Kalau warna dasar fungsi printer bagus dapat dipastikan untuk warna campuran juga pasti bagus karena logikanya apabila dasarnya kurang bagus, pasti hasil berikutnya juga kurang bagus. Selain itu agar tidak pusing pastikan anda memiliki sistem listrik yang baik karena printhead juga bisa jebol gara-gara naik turunnya listrik.
  2. Fungsi printer pada komponen cartridge sebagai tempat tinta dan biasanya diletakkan di bagian kanan atau kiri dari mesin sebelah belakang. Tidak ada yang istimewa dari komponen ini kecuali anda perlu perhatikan chip dan bahan dari cartridge itu kuat. Sekali lagi yang perlu anda perhatikan adalah chipnya karena biasanya cartridge yang dipasang mesin cetak digital di Indonesia adalah sistem bulk ink yang apabila chip tidak cocok maka akan bisa eror mesinnya.
  3. Fungsi printer pada komponen mainboard sebagai tempat alat-alat lain menancap sehingga bisa berjalan semisal memory printer.
  4. Fungsi printer pada komponen rol kertas sebagai tempat untuk menaruh kertas atau media yang akan kita cetak jika media kita dalam bentuk roll.
  5. Fungsi printer pada komponen heater sebagai pengering agar setelah tinta disemprotkan ke media cetak cepat kering. Selain itu heater yang bagus akan membantu tinta menempel ke media cetak dengan cepat dan bagus. Heater biasanya terpasang di bagian depan atau di bawah board yang dilewati media.
  6. Fungsi printer pada komponen cutter yaitu memotong media yang telah dicetak apabila printer anda tidak memiliki komponen ini, cukup gunakan cutter biasa saja karena pada umumnya semua large format sudah disediakan jalur untuk melakukan pemotongan bahan secara lurus dan mudah.
Secara umum Fungsi Printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu DPI atau singkatan dari dot per inch. Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi fungsi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi fungsi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.

Demikian penjelasan tentang Fungsi Printer, semoga bermanfaat. Lihat juga berbagai macam Gambar Laptop dan penjelasan dari Pengertian Brainware, terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar